2021, Pasar Klandasan Akan Dibangun

Hilangkan Kesan Kumuh, Konsepnya Menghadap ke Laut


30 Okt 2019, 14:49:24 WIB

2021, Pasar Klandasan Akan Dibangun

balikpapanPos-online.co.idKondisi Pasar Klandasan yang kumuh akan ditata kembali oleh Pemerintah Kota Balikpapan lewat program revitalisasi pasar 2021.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman mengatakan, saat ini pemkot, sedang merancang pra desain yang disesuaikan dengan pembangunan coastal road atau jalan pantai di kawasan Teluk Balikpapan.

“Saat ini pemerintah kota sedang merancang pra desainnya dulu, jadi belum bisa dibangun tahun ini atau tahun 2020,” ujar Arzaedi Rachman kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Ia menjelaskan, rencana revitalisasi Pasar Klandasan akan dilaksanakan 2021 lantaran kondisi keuangan Pemkot Balikpapan masih minim.

“Belum bisa kita lakukan dulu, karena tahun 2020 baru masuk rencana starategi. DED nya juga baru dibahas tahun 2020 jadi awal pembangunan kemungkinan pada 2021 nanti,” jelasnya

Arzaedi juga menegaskan, pra desain revitalisasi dan penataan Pasar Klandasan mengalami perubahan secara total.

Sedangkan konsep pembangunan pasar  tidak lagi menghadap ke arah jalan protokol tetapi menghadap ke arah laut.

“Alasan revitalisasi pembangunan dan penataan pasar Klandasan itu, karena  saat ini kondisinya sudah tidak layak pakai dan banyak menuai keluhan dari para pedagang lantaran kerap kali bocor saat hujan turun,” tuturnya.

Namun demikian, Pemkot Balikpapan belum bisa memastikan berapa jumlah anggaran yang diperlukan pada revitalisasi dan penataan Pasar Klandasan.

Ia mengatakan, anggaran revitalisasi Pasar Klandasan nantinya bersumber dari APBD murni Kota Balikpapan 2021.

“Kalau nilai anggaran kami belum tahu, tergantung desainnya seperti apa,” tuturnya.

Sementara itu, terkait usulan pedagang Pasar Klandasan akan direlokasi ke Gedung Parkir Klandasan (GPK), menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan, Sudirman Djayaleksana menilai usulan tersebut tidak tepat lantaran tidak sesuai fungsinya.

“Fungsi gedung parkir untuk mengatasi macet dan parkir liar di kawasan tertib lalu lintas, sementara untuk menampung pedagang konstruksi bangunan tidak sesuai,” akunya.

Apabila gedung parkir tersebut dimanfaatkan untuk relokasi pedagang, maka terjadi alih fungsi, tak sesuai dengan peruntukkannya.

“Kalau menurut saya bicara ideal atau tak ideal bisa saja. Tapi ini kan, terkait dengan fungsi atau niat awal pembangunan gedung tersebut,” tuturnya.

Untuk diketahui usulan relokasi pedagang pasar ke GPK disampaikan oleh Komisi II DPRD Balikpapan ketika melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perdagangan pekan lalu.

Menurutnya, Pasar Klandasan perlu dilakukan penataan pasca kebakaran sehingga tidak terlihat kumuh.(dan/vie)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment