Cara Mudah Cegah Penyakit Katarak




30 Okt 2019, 14:26:08 WIB

Cara Mudah Cegah Penyakit Katarak

balikpapanPos-online.co.id- Indonesia memiliki jumlah kasus penyakit katarak yang masih cukup tinggi dibandingkan dengan negara lain. Lokasi Indonesia sebagai negara tropis dengan paparan matahari yang banyak serta kurangnya kesadaran menjaga kesehatan mata menjadi pemicu tingginya kasus katarak.

dr Lilik SpM mengatakan, gejala katarak ditandai dengan penglihatan yang buram seperti berasap atau tertutup kabut. Perlahan, ketajaman penglihatan mulai berukurang dan terkadang bayangan benda terlihat ganda. Tanda lainnya adalah seringnya ganti kacamata dalam tempo singkat. dan ada bintik-bintik putih di sekitar bola mata. Jika sudah seperti ini, tidak ada jalan lain yang bisa dilakukan kecuali operasi.

“Tenang saja, sekarang dunia kedokteran sudah semakin maju. Alatnya juga semakin canggih. Jadi, jangan takut untuk operasi. Sakitnya ya pasti, tapi tidak akan lama,” tutup Lilik kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Lanjut Lilik, penting diketahui bahwa setiap orang berpotensi menderita katarak karena pengaruh bertambahnya usia. Selain itu, ada faktor gaya hidup yang mempengaruhi kualitas mata seseorang.

“Sebenarnya hidup sehat saja sudah cukup. Banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan supaya nggak cepat katarak. Lalu, tidak merokok dan pakai topi, sunglasses serta kacamata anti UV,” katanya.

Katarak juga bisa dipicu diabetes atau penyakit mata lainnya, trauma kecelakaan, bayi yang terlahir infeksi atau penggunaan kacamata dengan minus di atas 6.

Meskipun bisa sembuh total dengan sekali operasi, penderita katarak yang telah berusia lanjut atau dengan kondisi tertentu, tidak akan terlalu banyak membantu.

“Kalau kondisi korneanya tidak baik, biasanya kami tidak anjurkan operasi karena keadaannya tidak akan jadi lebih baik. Biasanya, kalau terkena makula degeneration atau kemunduran penglihatan karena usia, setelah operasi juga tidak akan bisa melihat,” ungkapnya.

Pencegahan sangat penting dilakukan sebelum terlambat. Sangat dianjurkan untuk memeriksakan mata secara teratur, terutama mereka yang memiliki cacat mata seperti minus maupun plus.

“Upaya yang tak kalah penting adalah selalu pakai kacamata hitam saat harus melakukan aktivitas fisik di luar ruangan,” tutupnya. (dan)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment