Kebocoran Teratasi, Jaringan Pipa Baru Siap Difungsikan




30 Okt 2019, 14:04:18 WIB

Kebocoran Teratasi, Jaringan Pipa Baru Siap Difungsikan

PERBAIKAN: Jaringan pipa baru yang mengalami kebocoran telah diperbaiki dan telah siap dioperasikan oleh PDAM Danum Taka.


balikpapanPos-online.co.idPENAJAM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menyelesaikan kebocoran pipa distribusi PDAM Danum Taka sebelum dioperasikan dalam waktu dekat. “Kebocoran pipa yang baru sudah diperbaiki oleh petugas,” kata Kabid Cipta Karya DPUPR PPU Supardi pada media ini, kemarin (29/10).

Kebocoran pipa distribusi air bersih sempat terjadi di Jalan provinsi Km 8, Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam atau di dekat Masjid Agung Al Ikhlas telah diperbaiki. Kebocoran pipa tersebut juga membutuhkan waktu beberapa hari. “Kebocoran itu terjadi karena terkena alat berat saat melakukan penggalian. Tapi, itu sudah kami tangani,” terangnya.

Setelah seluruh titik kebocoran telah diperbaiki, Supardi menyatakan, akan dilakukan kembali uji coba pipa jaringan tersebut. “Setelah uji coba dan tidak ada lagi pipa bocor, baru bisa digunakan oleh PDAM,” ujarnya.

Supardi berharap, setelah seluruh jaringan pipa baru tersebut telah dinyatakan siap, maka WTP Lawe-Lawe telah bisa menyalurkan air bersih ke pelanggan dengan menggunakan pipa jaringan tersebut.

Diketahui, pipa jaringan distribusi air bersih sepanjang 120 kilometer (Km). Dan dikoneksikan dengan WTP Lawe-Lawe yang berkapasitas 200 liter per detik. Pembangunan jaringan pipa distribusi air bersih menggunakan skema anggaran multiyears atau tahun jamak sebesar Rp 44,3 miliar.

Pipa tersebut terpasang mulai dari Kelurahan Penajam, Nenang, Sungai Parit, Lawe-Lawe, Desa Girimukti, Desa Sidorejo, sampai Kelurahan Petung di Kecamatan Penajam. Sebelumnya, proyek pemasangan pipa jaringan distribusi air bersih dialokasikan pada tahun 2013. Tapi, proyek tersebut tidak rampung karena kondisi keuangan belum tercukupi dan telah menghabiskan anggaran Rp 16 miliar. Kemudian pembangunan pipa jaringan kembali dilanjutkan pada tahun 2014 sampai 2018. (kad/rus)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment