KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pilkada

Berdayakan Kearifan Lokal, Siapkan Panggung Hiburan


30 Okt 2019, 14:46:58 WIB

KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pilkada

Noor Thoha


balikpapanPos-online.co.idKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan mengikuti rapat koordinasi dengan seluruh KPU se-Kalimantan Timur, di Kutai Barat, Selasa (29/10).

Menurut Ketua KPU Noor Thoha, dalam rakor tersebut membahas persiapan Pilkada serentak 2020 di Kaltim serta membahas sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kebetulan Kutai barat juga sedang melaksanakan launching Pilkada. Lalu KPU provinsi mengumpulkan kami untuk memberi pengarahan," kata Thoha.

KPU Provinsi menekankan pada peningkatan partisipasi pemilih. Untuk itu, KPU kabupaten/kota diminta untuk lebih kreatif dalam pemberdayaan konten atau kearifan lokal dalam melakukan sosialisasi.

"Kalau di Kubar ada event gelar budaya. KPU diminta lebih aktif seperti ini. Untuk KPU Balikpapan tentu saja kami segera sounding kepada dinas terkait. Baik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata," katanya.

KPU akan berkoordinasi dengan dinas terkait tentang schedule pemerintah kota dan keterlibatan budaya atau kearifan lokal dalam sosialisasi. Tak hanya itu KPU Balikpapan juga berencana membuat panggung depan kantor KPU Balikpapan.

"Nanti kami akan buat panggung dan memberikan kesempatan bagi anak-anak muda, terutama grup band untuk pentas malam minggu. Nanti akan kami siapkan panggung dan kebutuhan listrik," jelasnya.

Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan akan banyak penonton terutama dari anak muda. Kegiatan tersebut akan menjadi cara KPU Balikpapan untuk mensosialisasikan Pilkada 2020.

"Jika banyak yang datang, nanti akan kami kelola," katanya.

KPU dalam melaksanakan sosialisasi Pilkada juga menggunakan jingle yang telah dipilih sebelumnya. Bahkan, kata Thoha, jengkol yang merupakan simbol tersebut juga diimbau pada penyelenggara agar dijadikan ring tone.

"Pokoknya kita all out untuk mensukseskan. Karena dalam hal tersebut, konten syair jingle ini juga mudah dipahami. Lirik juga mudah dihafal, jadi harapannya masyarakat Balikpapan mendengarkan dan familiar. Nanti setiap kegiatan tahapan pemilu kami akan putar terus jingle tersebut," katanya.

Untuk diketahui pada Pilkada 2011 silam, tingkat partisipasi hanya 56,3%. Kemudian pada 2015, tingkat partisipasi hanya 59,3%. Padahal, pada pilpres 2019 partisipasi bisa mencapai 80,06%.

"Kami sangat berharap partisipasi perangkat kecamatan dan kelurahan, karena target nasional sebesar 77,5%," tandasnya. (cha/vie)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment