November Penerimaan CPNS

Tenaga Guru Paling Banyak Dibutuhkan


30 Okt 2019, 14:27:38 WIB

November Penerimaan CPNS

CALON ABDI NEGARA:Salah satu kegiatan tes CPNS yang dilakukan pemerintah.


balikpapanPos-online.co.idPemerintah kembali melakukan penerimaan Calon Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pendaftaran dimulai awal November 2019 dengan dua tahapan utama yakni pengumuman penerimaan dan seleksi administrasi.

“Sampai Desember nanti baru pengumuman dan seleksi administrasi,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Menurut Bima, tahapan-tahapan penerimaan CPNS dilanjutkan 2020 karena waktunya merlalu mepet. Selain itu, anggaran sudah harus selesai Desember.

Untuk tahapan tes, pelaksanaannya diprediksi Januari hingga Februari 2020, sedangkan pengumuman kelulusan ditarget April.

“Untuk formasi CPNS yang dibutuhkan berjumlah 197.111 lowongan se-Indonesia,” tuturnya

Bima menjelaskan, jumlah pendaftar CPNS 2019 ini ditaksir mencapai 4 sampai 5 juta orang.

“Biasanya, kalau hampir 200 ribu lowongan, pendaftarnya bisa sampai lima juta orang,” akunya.

Dari 197.111 formasi yang dibuka, ada tiga golongan jabatan prioritas. Yaitu guru, tenaga kesehatan dan tenaga fungsional. Yang formasi paling banyak, adalah tenaga guru.

“Prioritaskan jumlah guru 60 persen. Kemudian tenaga kesehatan, tenaga fungsional dan teknis lainnya,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengeluhkan, jumlah kuota ASN untuk Balikpapan. Pasalnya, jumlah yang didapatkan tak sesuai dengan yang diharapkan sehingga belum menutupi kebutuhan Balikpapan.

“Kita dapat kuota 250 formasi. Yang kita usulkan 858 formasi,” kata Rizal Effendi.

Menurut Rizal, jumlah 250 itu masih sangat kurang. Bila dibanding kebutuhan ASN di Balikpapan.

“Untuk mensiasati kekurangan, ya kita maksimalkan tenaga honor. Yang paling banyak kurang adalah tenaga guru dan kesehatan,” lanjutnya.

Selain guru dan kesehatan, Balikpapan juga membutuhkan beberapa tenaga funsional yang punya keahlian khusus.

“Seperti bagian hukum. Tidak gampang mencari orang hukum. Padahal persoalan-persoalan (hukum) banyak. Berkaitan dengan perda dan persoalan hukum lainnya,” katanya.

Sedangkan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Balikpapan Robi Ruswanto mengatakan, jumlah kuota 250 tersebut, terdiri dari 126 guru, 42 tenaga kesehatan dan 82 teknisi.

“Tahun ini baru pengumuman penerimaan dan seleksi administrasi,” katanya.

Untuk diketahui, pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS 2019. Pengumuman penerimaan dan seleksi administrasi dilangsungkan November hingga Desember 2019.Sementara tahapan lain, seperti ujian/tes hingga pengumuman kelulusan dilaksanakan 2020. Jumlah formasi yang dibuka 197.111. Itu jumlah nasional. Sebanyak 60 persen dari jumlah tersebut adalah tenaga guru. (dan/vie)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment