PPU Tak Kebagian Kuota CPNS

Diduga Terlambat Penuhi Syarat Anjab dan ABK


30 Okt 2019, 14:24:14 WIB

PPU Tak Kebagian Kuota CPNS

Surodal Santoso


balikpapanPos-online.co.idPENAJAM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah mengumumkan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Berdasarkan surat keputusan yang ditangdatangani Menpan RB Tjahjo Kumolo nomor B/1069/M.SM.01.00/2019 tertanggal 28 Oktober 2019, penerimaan CPNS 2019 di lingkungan pemerintah pusat dan daerah. Kuota CPNS untuk pemerintah pusat sebanyak 37.425 formasi dan pemerintah daerah sebanyak 114.861 formasi.

Kuota formasi CPNS yang telah diumumkan tersebut untuk Pemprov Kaltim mendapat 279 formasi, Kutai Kartanegara (Kukar)  95 formasi, Paser  141 formasi,  Berau  160 formasi, Kutai Barat (Kubar)  159 formasi, Kutai Timur (Kutim)  136 formasi, Mahakam Ulu (Mahulu) 174 formasi, Samarinda  221 formasi, Balikpapan  250 formasi dan  Bontang 117 formasi. dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tidak mendapatkan formasi CPNS tahun ini.

Padahal, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) PPU telah melakukan persiapan penerimaan seleksi CPNS. Anggaran yang disiapkan untuk pelaksanaan perekrutan tersebut sebesar Rp 400 juta. Selain, itu perangkat tes CPNS juga telah dirancang dengan menggunakan sistem UNBK. 

Kepala BKPP PPU Surodal Santoso pun enggan berbicara banyak terkait permasalahan CPNS tersebut. “Sekarang masih dikoordinasikan. Tidak berkomentar banyak,” kata Surodal pada media ini, kemarin (29/10).

Informasi yang berkembang, PPU tidak mendapatkan formasi CPNs tahun ini, karena dianggap tidak memenuhi persyaratan. Salah satu syarat yang tidak terpenuhi, yakni analisis jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK). Data anjab dan AKB baru diserahkan ke Kemenpan RB setelah melewati batas waktu yang berakhir 20 Juli 2019 lalu.

 “Saya tidak akan membela diri seandainya itu bagian dari salah saya (Sehingga PPU tidak mendapatkan kuota formasi CPNS),” pasrah Surodal.

BKPP telah melakukan rapat terbatas bersama dengan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) PPU Tohar, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab PPU Alimuddin dan Kepala BKPP PPU Surodal Santoso PPU di ruangan Sekkab PPU, Selasa (29/10). Surodal menyatakan, pemerintah daerah akan bersurat kembali kepada Kemenpan RB untuk memohon kuota CPNS. “Kita usahakan bersurat besok (Hari ini, Red.) ke pusat,” tandasnya. (kad/rus)




Moderated by adminbp


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment